Kamis, 03 Februari 2011

tugas skl

ANALISIS SKL MATA PELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika

No SKL Tkt Ranah STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR Kelas
X XI XII
1 2 1 2 1 2
5. Memahami limit fungsi aljabar dan fungsi trigonometri di suatu titik dan sifat – sifatnya, turunan fungsi, nilai ekstrem, integral tak tentu dan integral tentu fungsi aljabar dan trigonometri, serta menerapkan dalam pemecahan masalah.
C3 6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah. 6.1 Menjelaskan secara intuitif arti limit fungsi di suatu titik dan di takhingga.
6.2 Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri.
6.3 Menggunakan konsep dan aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi.
6.4 Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi dan memecahkan masalah.
6.5 Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi.
6.6 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi dan penafsirannya.


ANALISIS TUJUAN

Mata Pelajaran : Matematika
Tujuan Ranah Kompetensi Substansi Materi Implementasi dalam pembelajaran (Hubungan dg KD)
C A P
1. Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisiensi, dan tepat, dalam pemecahanan masalah. √ √ √ Seluruh materi dalam pelajaran matematika Seluruh KD dalam pelajaran matematika
2. Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.

x
x Sebagian materi pada ruang lingkup aljabar dan trigonometri Seluruh KD aljabar dan trigonometri di kelas 1.
3. Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.

x
√ Sebagian materi pada ruang lingkup aljabar , trigonometri dan kalkulus. Seluruh KD aljabar dan trigonometri dan kalkulus di kelas 1, 2 dan 3
4. Mengkomunikasikan gagasan dengan symbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.


√ Sebagian materi pada ruang lingkup statistika dan peluang. Seluruh KD statistika dan peluang di kelas 2.
5. Memiliki sifat menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
X

√ Seluruh materi dalam pelajaran matematika Seluruh KD dalam pelajaran matematika


ANALISIS / PEMETAAN SK – KD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Program : X
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Tingkatan Ranah KD Indikator Pencapaian Tingkat Ranah IPK Materi Pokok Ruang Lingkup Alokasi Waktu
1 2 3 4 5 6
2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat.

2.1 Memahami konsep fungsi
2.2 Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat. C2
C2 1. Mendefinisikan fungsi.
2. Mengubah suatu persamaan kedalam bentuk fungsi.
3. Menggambar grafik fungsi aljabar.
4. Menggambar grafik fungsi kuadrat. C1

C2

C2

C2
Fungsi kuadrat √
4 x 45 menit





TUGAS PEMETAAN ANALISIS KONTEKS
Sebagai pengganti Ujian Tengah Semester Ganjil Th. 2010 - 2011








Dosen : Drs. H. DEDI ADIANTO, M.MPd.
Nama : INDAH LESTARI
NIM : 081631007


ANALISIS :
1. Analisis Standar Kelulusan (SKL)
2. Analisis Tujuan
3. Analisis Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD)


FKIP MATEMATIKA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON

Jl. Tuparev No. 70 Cirebon Tlp. (0231)209608,209617,209625, Fax : (0231) 209608
http://www.umcirebon.com email : info@umcirebon.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar